Program/pelatihan ini juga merupakan bagian dari program Kartu Prakerja yang diselenggarakan bersama dengan Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia dan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.
Deskripsi
Pelatihan ini merupakan pelatihan yang merujuk pada KBJI: Mendesain Rumah dengan Okupasi KBJI 2161.01 Arsitek Bangunan. Berdasarkan KBJI, Arsitek Bangunan memiliki tugas salah satunya adalah merancang desain pra-rencana yang terkait dengan situasi dan kondisi lapangan, membuat gambar untuk menunjukkan wujud bangunan dan bestek, dll. Terdapat aplikasi yang dapat menunjang tugas-tugas seorang Arsitek Bangunan, salah satunya adalah Sketch Up. Peserta akan mempelajari aplikasi sketch up agar dapat melakukan tugas sebagai Arsitek Bangunan yang baik dan terampil. Pelatihan ini menggunakan metode belajar self-paced learning dimana peserta dapat melakukan pembelajaran di mana pun dan kapan pun.
Di era industri 4.0 semua pekerjaan bisa dipelajari. Terlebih internet sudah menyediakan semuanya termasuk skill yang berhubungan dengan dunia arsitektur, orang awam pasti sudah mengenal software yang berhubungan dengan keilmuan arsitektur yaitu sketchup dan enscape. Dalam mempelajari software sketchup dan enscape dibutuhkan mentor yang mengajari secara perlahan dan video ini adalah penjelasan untuk membuat rumah dengan mudah dan diselesaikan dengan enscape sebagai software rendering.
Jenis pekerjaan yang bisa didapat peserta setelah mengikuti pelatihan ini adalah arsitektur/desain interior, desainer, dan perangkat lunak, dengan kategori pelatihan adalah desain arsitektur.
SketchUp adalah aplikasi pemodelan 3D intuitif yang memungkinkan Anda membuat dan mengedit model 2D dan 3D dengan metode “Push and Pull” yang telah dipatenkan. Alat Dorong dan Tarik memungkinkan para perancang untuk mengekstraksi setiap permukaan datar menjadi bentuk 3D. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik objek dan kemudian mulai menariknya sampai Anda menyukai apa yang Anda lihat.
Program ini mencakup fungsi tata letak menggambar, perenderan permukaan, dan mendukung plugin pihak ketiga dari Gudang Ekstensi. Aplikasi ini memiliki berbagai aplikasi, termasuk di dunia arsitektur, desain interior, lansekap, dan desain video game. Sketchup juga menemukan kesuksesan dengan orang-orang yang ingin membuat, berbagi, atau mengunduh model 3D untuk digunakan dengan printer 3D.
Pempelajaran ini membantu peserta memahami sketchup dan membantu peserta dapat membuat desain rumah sederhana dengan menggunakan sketchup. Fasilitator akan memberikan tutorial pembuatan secara langsung sampai pada tahap rendering. Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta dengan berbagai macam latar belakang pendidikan, minimal pendidikan SMA, dan memiliki pengetahuan umum tentang arsitektur. Tingkat kesulitan pelatihan ini adalah tingkat Pemula dan Menengah.
Metode Pembelajaran
Self Paced Learning: Metode ajar yang digunakan adalah mennggunakan kombinasi antara ceramah, studi kasus, dan tutorial.
Metode Evaluasi
Pre Test
Post Test
Tugas Praktik
Jenis Sertifikat
- Sertifikat Kompetesi Lulus (diperoleh bila nilai post-test minimal 60 atau lebih)
- Sertifikat Penyelesaian (diperoleh bila nilai post-test kurang dari 60)
Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating :
- Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukkan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silakan mengisi rating.
- Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pad atombol “Lihat Sertifikat”.
Aspek Kompetensi Pengetahuan | Tujuan:
Peserta dapat mengenal profesi arsitek dari mulai sejarah sampai dengan aplikasi yang digunakan oleh arsitek. Materi: Pengenalan Profesi Arsitek Sub Materi:
|
Aspek Kompetensi Keterampilan | Tujuan:
Peserta dapat mempelajari aplikasi-aplikasi yang digunakan arsitek yaitu Sketch Up dan Enscape Tujuan: Peserta dapat membuat desain rumah sederhana menggunakan aplikasi Sketch Up atau menggunakan gambar sederhana dengan media lain. 1) Materi: Sketch Up dan Rumah Sub Materi:
2) Materi: Sketch Up Advance
3) Materi: Membuat Perumahan Sub Materi:
Tujuan: Peserta dapat melakukan rendering melalui enscape. 1) Materi: Rendering Enscape Sub Materi:
|
Aspek Kompetensi Sikap | Tujuan:
Peserta dengan percaya diri dan persuasif dapat mempresentasikan hasil desain di depan pelanggan atau klien. Materi: Presentasi Karya Sub Materi:
|
Anda harus masuk untuk berkomentar.
Tinggalkan Balasan