Wawancara kerja merupakan salah satu metode penting dalam proses seleksi calon karyawan untuk bekerja dalam sebuah perusahaan atau organisasi.Saat wawancara kerja, pelamar telah memiliki kesempatan untuk lebih mengenal institusi / perusahaan dan sebaliknya perusahaan dapat mengenal potensi / kompetensi pelamar dengan lebih detail
Perusahaan melakukan wawancara bertujuan untuk:menemukan dan menentukan kecocokan antara karakteristik pelamar dengan persyaratan jabatan.mengetahui kepribadian pelamar
Mencari informasi relevan yang dituntut dalam persyaratan jabatanMendapatkan informasi tambahan yang diperlukan bagi jabatan dan perusahaanMembantu perusahaan mengidentifikasi pelamar yang layak untuk diberikan penawaran kerja.
Sedangkan bagi pelamar, tujuan wawancara kerja adalah :Pelamar bisa mendapatkan kesempatan menjelaskan secara langsung tentang pengetahuan, keterampilan, pengalaman, strategi kerja dan sikap / cara mengatasi masalah situasi kerjaProses wawancara secara umum berisi tanya jawab. Tanya dari pihak HR dan jawab dari sang pelamar kerja. Tujuannya tidak lain adalah mengorek informasi pelamar. Yang pada akhirnya digunakan untuk menentukan apakah si pelamar tersebut layak untuk diterima sebagai karyawan atau tidak.
Hal yang perlu dipersiapkan sebagai perlamar kerja, khususnya yang fresh graduate adalah mencari tahu pertanyaan yang sering muncul dalam proses wawancara. Karena sejatinya setiap pertanyaan dalam wawancara kerja itu telah disusun / disetting sebelumnya oleh pihak HR. Artinya mereka telah menyiapkan terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada si pelamar kerja.Dan sebagai pelamar yang baik, kita juga harus menyiapkan alternatif jawaban-jawaban dari pertanyaan yang nanti sekiranya akan muncul.
Istilahnya ‘persiapan dihadapi dengan persiapan’. Logikanya, jika HR saja menyiapkan pertanyaan untuk wawancara, mengapa pelamar tidak menghadapinya dengan juga menyiapkan alternatif jawabannya.Jadi saat hendak menuju tempat wawancara kita sudah siap dan yakin dengan segala kemungkinan pertanyaan yang muncul. Bukannya hanya bermodal yakin dan percaya diri namun tanpa persiapan.
Di era globalisasi, kemampuan dalam berbahasa Inggris sangatlah penting, terutaman bagi calon pelamar pekerjaan. Proses wawancara sangatlah penting dan dapat menentukan apakah anda akan diterima di dalam suatu perusahan. Pelajari kiat-kiat penting dalam wawancara dengan berbahasa Inggris dengan baik dan benar, Pembelajaran ini ditujukan untuk mempermudah anda dalam mendapatkan pekerjaan yang anda dambakan. Selain itu, diharapkan pelatihan ini dapat membantu peserta memahami tips dan triks berbahasa Inggris dalam konteks bisnis, terutama saat ingin melakukan wawancara kerja. Pelatihan ini membantu kebutuhan-kebutuhan kerja Ketika hendak melakukan wawancara terutama wawancara yang menggunakan Bahasa inggris karena banyak perusahaan yang memiliki ketentuan pegawainya harus bisa berbahasa inggris secara aktif. Peserta yang dapat mengikuti program ini adalah lulusan SMP, SMA, Perguruan Tinggi, dan Profesional yang hendak melakukan wawancara pekerjaan menggunakan bahasa inggris.Jenis pekerjaan yang bisa didapat peserta setelah mengikuti pelatihan ini adalah Administrasi, HRD/Personalia, Pengembangan Bisnis, dan pekerjaan lainnya yang menggunakan Bahasa Inggris sehari-hari sebagai Bahasa pengantar kantor dengan kategori pelatihan adalah Bahasa Asing.
Anda harus masuk untuk berkomentar.
Tinggalkan Balasan